Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi Pembelajaran Individual Pada
Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Swasta Al-Washliyah 42 Berastagi. Model
pembelajaran Individual yang berorientasi kepada implementasi terhadap proses
pembelajaran Agama Islam, yang merujuk pada pola pembelajaran yang kurang efektif
dilakukan sebelumnya. Implementasi pembelajaran Individual yang diterapkan mampu
menghasilkan output atau hasil yang maksimal sehingga proses pembelajaran yang
berlangsung dapat terlaksana dengan baik. Terdapat point yang lebih terhadap
pembelajaran Individual yang mengacu kepada peningkatan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi. Wawancara, dan melihat langsung kondisi di tempat
penelitian berlangsung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menarik
kesimpulan bahwasanya: model pembelajaran yang digunakan seperti pembelajaran
Individual yang mengarah pada penekanan pembelajaran tambahan pada tiap-tiap
masing-masing individu siswa. Berdasarkan hasil observasi peneliti melihat adanya
kenaikan tingkat minat serta ketertarikan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar
pada mata pelajaran Agama Islam. Siswa-siswi juga merasakan kenyamanan ketika proses
belajar mengajar karena mereka mendapatkan pelajaran tambahan ataupun guru
menjelaskan secara individu terhadap siswa-siswi sampai mereka mengerti dengan betul
materi yang di sampaikan guru pada setiap proses belajar mengajar. Namun pada tahap
perencanaan guru tidak memiliki RPP secara terperinci hanya saja berdasarkan analisis
guru terhadap pembelajaran siswa.