Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah matematika siswa kelas V SDN 26 Aek Batu tahun ajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan model Group
Investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika bangun ruang
siswa kelas V di SDN 26 Aek Batu. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 26
Aek Batu yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
sampel jenuh. Variabel bebas adalah penggunaan model Group Investigation,
variabel terikat adalah kemapuan pemecahan masalah. Pada hasil penelitian ini
menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang tertuang dari hasil tes
eesay sebelum menggunakan model Group Investigation sangat rendah, dimana
terdapat 3 siswa telah memenuhi nilai KKM sedangkan 17 siswa lagi tidak lulus
KKM dengan rata-rata nilai keseluruhan 63,3. Adapun sesudah menggunakan
model Group Investigation terdapat peningkatan yakni ada 15 siswa telah
memenuhi nilai KKM dan hanya 5 siswa yang belum memenuhi nilai KKM
dengan nilai rata-rata 76,6. Pada hasil dari penelitian ini menggunakan uji
hipotesis mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000. Maka 0,000 < 0,005, artinya
Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Siswa Kelas V SDN 26 Aek Batu Tahun Ajaran 2022/2023.