Research Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL POINT COUNTER POINT PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 25 BILAH BARAT

Show simple item record

dc.contributor.author SITI, NURDIANA
dc.date.accessioned 2023-10-12T07:56:11Z
dc.date.available 2023-10-12T07:56:11Z
dc.date.issued 2023-09-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21533
dc.description.abstract Proses pembelajaran yang seharusnya terdapat interaksi dua arah menjadi interaksi satu arah saja. Siswa cenderung pasif dan kurang berminat untuk mengemukakan pendapat tentang pelajaran yang disampaikan oleh guru baik dalam bentuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa setelah menggunakan model Point Counter Point. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Bilah Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Point Counter Point Dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SDN 25 Bilah Barat. Hasil nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada Pra Siklus ialah 39,76 (kurang aktif). Pada Siklus II nilai rata-ratanya menjadi 55,95 (cukup aktif). Pada Siklus II dengan nilai rata-rata hasil observasi menjadi 73,80 (aktif). en_US
dc.subject Kemampuan Mengemukakan Pendapat en_US
dc.subject Point Counter Point en_US
dc.subject PTK en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL POINT COUNTER POINT PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 25 BILAH BARAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account