Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran pemerintah daerah dalam
mempromosikan hasil UMKM untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa
Pulau Tanjung. Hal ini dikarenakan UMKM dapat menyerap tenaga kerja yang sangat
besar dan dekat dengan rakyat kecil. UMKM Tempe Lemet dan Kue Kipas merupakan
salah satau rumah kreatif yang berada di Desa Pulau Tanjung dan adanya promosi yang
dilakukan dalam media sosial Facebook membuat UMKM semakin dikenal baik oleh
masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi,
wawancara terhadap sejumlah informan dan dokumentasi. Untuk analisis data memakai
pendekatan kualitatif, dimana analisis data ini menggunakan metode wawancara dan
observasi berupa menjawab pertanyaan berupa teks atau narasi. Narasumber dalam
penelitian ini berjumlah 3 Orang yaitu Kepala Desa Pulau Tanjung, Pelaku Usaha UMKM
Tempe Lemet dan Kue Kipas. Dari hasil penelitian ini yaitu peran pemerintah dalam
mempromosikan produk UMKM sudah berjalan dengan baik. Peran pemerintah sudah
menjalankan seoptimal mungkin sebagai fasilitator, regulator dan katalisator. Fasilitas
dari pemerintah dalam penyediaan cetakan kue kipas, serta menyediakan wadah bagi para
pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui media sosial dan Mal aplikasi
market place. Media sosial facebook cukup efektif dalam memasarkan produk namun
masyarakat masih kurang update dalam menggunakan media sosial seperti cara foto
produk, penulisan caption yang bisa menarik pembeli. Peningkatan penjualan yang terjadi
bukan hanya dikarenakan promosi yang dilakukan melalui konten facebook, melainkan
karena warga Desa Pulau Tanjung melalui komunikasi langsung dengan kualitas dari rasa
produk, dan harga yang terjangkau. Hanya saja terkendala pada Sumber Daya Manusia
yang berkurang serta memiliki skill yang rendah.