Research Repository

PENGARUH PROMOSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E-MONEY SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Naina, Putri Dewi
dc.date.accessioned 2023-10-12T07:44:22Z
dc.date.available 2023-10-12T07:44:22Z
dc.date.issued 2023-08-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21531
dc.description.abstract Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi promosi dan gaya hidup. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi e-money yang di gunakan untuk bertransaksi, konsumen menggunakan e-money biasanya dipengaruhi beberapa variabel antara lain pomosi dan gaya hidup untuk itu penelitian ini dilakukan. Dimana permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari promosi yang belum maksimal dalam pemberian promo dan voucer dalam menggunakan aplikasi shopeepay, peningkatan pemakaian uang elektronik dalam bertransaksi pada tahun 2022 di shopeepay terus mengalami peningkatan dari beberapa kompetitor sejenis lainnya, masih terdapat beberapa pelanggan terutama pada para lansia yang tidak mengerti menggunakan shopeepay serta keberatan dengan biaya administrasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-money shopeepay pada masyarakat Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian ini masyarakat yang menggunakan shopeepay di Kota Medan. Dalam menentukan sampel penelitian ini berjumlah 100 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisoner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda yang terdiri dari asumsi klasik, uji parsial (t), simultan (F), dan koefisien determinasi (R2 ). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh promosi terhadap keputusan penggunaan e money shopeepay dengan nilai t hitung 2.458 > 1.984 t tabel dengan nilai sig 0,016 < 0,05, ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan penggunaan e-money shopeepay dengan nilai t hitung 6.358 > 1.984 t tabel dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara simultan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan e-money shopeepay dengan nilai f hitung 30.154 > 2.70 f tabel dengan nilai sig 0,000 <0,05. Kesimpulan penelitian : ada pengaruh signifikan promosi terhadap keputusan penggunaan e-money shopeepay, ada pengaruh signifikan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan e-money shopeepay, secara simultan ada pengaruh signifikan promosi dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi e money shopeepay pada masyarakat Kota Medan. en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject Penggunaan E-Money en_US
dc.title PENGARUH PROMOSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E-MONEY SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account