Abstract:
Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi promosi dan gaya hidup. Salah
satunya adalah penggunaan aplikasi e-money yang di gunakan untuk bertransaksi,
konsumen menggunakan e-money biasanya dipengaruhi beberapa variabel antara
lain pomosi dan gaya hidup untuk itu penelitian ini dilakukan. Dimana
permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari promosi yang belum maksimal
dalam pemberian promo dan voucer dalam menggunakan aplikasi shopeepay,
peningkatan pemakaian uang elektronik dalam bertransaksi pada tahun 2022 di
shopeepay terus mengalami peningkatan dari beberapa kompetitor sejenis lainnya,
masih terdapat beberapa pelanggan terutama pada para lansia yang tidak mengerti
menggunakan shopeepay serta keberatan dengan biaya administrasi yang
diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, dan
gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-money shopeepay pada
masyarakat Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian
pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian ini masyarakat yang
menggunakan shopeepay di Kota Medan. Dalam menentukan sampel penelitian
ini berjumlah 100 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket (kuisoner). Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda yang terdiri dari asumsi
klasik, uji parsial (t), simultan (F), dan koefisien determinasi (R2
). Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh promosi terhadap keputusan penggunaan e money shopeepay dengan nilai t hitung 2.458 > 1.984 t tabel dengan nilai sig
0,016 < 0,05, ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan penggunaan e-money
shopeepay dengan nilai t hitung 6.358 > 1.984 t tabel dengan nilai sig 0,000 <
0,05. Secara simultan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh
promosi dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan e-money shopeepay
dengan nilai f hitung 30.154 > 2.70 f tabel dengan nilai sig 0,000 <0,05.
Kesimpulan penelitian : ada pengaruh signifikan promosi terhadap keputusan
penggunaan e-money shopeepay, ada pengaruh signifikan gaya hidup terhadap
keputusan penggunaan e-money shopeepay, secara simultan ada pengaruh
signifikan promosi dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi e money shopeepay pada masyarakat Kota Medan.