Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi
pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 097341 Pardomuan Nauli, mengetahui
kevalidan media serta kepraktisan yang diketahui respon dari guru dan siswa
dengan adanya media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
Research and Delopment (R&D) atau penelitian dan pengembangan menurut
model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam penelitian, antara lain :
Potensi masalah, Pengumpulan data, Desain Produk Video Animasi, Validasi
desain, validasi animasi, Revisi Desain video animasi, uji coba produk. Produk
yang dhasilkan dari penelitian ini adalah media video animasi pembelajaran IPS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi pembelajaran IPS
yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall ditanyakan valid. Tingkat
kevalidan media pembelajaran IPS berdasarkan penelitian, antara lain: a) Validator
ahli materi memperoleh presentasi 92% dengan kategori “sangat valid”, b)
Validator ahli media memperoleh presentasi 95% dengan kategori “sangat valid”,
c) Validator ahli bahasa memperoleh presentasi 92,30% dengan kategori “sangat
valid”. Penilaian kepraktisan media video animasi dari guru memperoleh presentasi
86% dengan kategori “sangat valid” untuk respon media video animasi kepada
siswa yang didapat dari uji coba kelompok kecil memperoleh presentasi 97,4%
dengan kategori “sangat valid”.