Research Repository

PENGARUH KOMPETENSI, IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP SE-KECAMATAN PINING

Show simple item record

dc.contributor.author GANTI NIRETA, GEMASIH
dc.date.accessioned 2023-10-11T01:57:31Z
dc.date.available 2023-10-11T01:57:31Z
dc.date.issued 2023-04-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21510
dc.description.abstract GEMASIH GANTI NIRETA. NPM: 2020060143. Pengaruh Kompetensi, Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Se Kecamatan Pining. Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2023 Terdapat masalah yang serius dalam bidang pendidikan saat ini, salah satunya adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenis dan jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil survei pada SMP se-Kecamatan Pining, ditemukan sebuah masalah yang terkait dengan sistem pendidikan, yaitu kinerja guru yang masih belum optimal dalam menjalankan tugasnya. Peneliti menduga penyebabnya adalah kurangnya kompetensi, iklim sekolah yang kurang menyenangkan, serta rendahnya motivasi guru dalam mengajar dan mengembangkan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru; (2) pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru; (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; dan (4) pengaruh kepemimpinan Guru, iklim sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SMP se-Kecamatan Pining dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Metode penelitian jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) kompetensi guruterhadap kinerja guru sebesar 0,412; (2) iklim sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,403; (3) motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,428; dan (4) kepemimpinan Guru, iklim sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,635. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru dapat dilakukan melalui peningkatan pada variabel kepemimpinan Guru, iklim sekolah, dan motivasi kerja sebesar 40,3% dan sisanya ditentukan variabel lain. en_US
dc.subject Kompetensi en_US
dc.subject Iklim sekolah en_US
dc.subject Motivasi kerja en_US
dc.subject Kinerja guru en_US
dc.title PENGARUH KOMPETENSI, IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP SE-KECAMATAN PINING en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account