Abstract:
Penelitian ini membahas persepsi masyarakat tentang stategi komunikasi
pemasaran di ruang kreatif pos bloc kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana persepsi masyarakat tentang strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan ruang kreatif pos bloc kota Medan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah
menggunakan, a) teknik observasi, yang perlu dilakukan adalah dengan cara
observasi lapangan guna mengetahui fenomena yang terjadi didalam hal yang
akan diteliti. b) teknik wawancara, menggunakan cara mendapatkan dengan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber guna mendapatkan data
yang akurat. c) teknik dokumentasi, dokumen yang berbentuk sebuah gambar,
media cetak dan lainnya. d) jenis analisis data, menggunakan wawancara dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah Persepsi Masyarakat Tentang Strategi
Komunikasi Pemasaran Di Ruang Kreatif Posbloc Kota Medan, menunjukkan
bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh pos bloc kota Medan
mempertimbangkan bauran pemasaran 4P yaitu product (produk), price (harga),
place (tempat), dan promotion (promosi), dengan mengaplikasikan menggunakan
sosial media dan pemasaran secara langsung. Pos bloc kota Medan juga
membangun hubungan dengan masyarakat dan menggunakan sosial media
instagram dan facebook dalam proses promosi.