Abstract:
Pemberitaan kasus pembunuhan Brigadir J merupakan salah satu peristiwa yang
menarik perhatian publik dan menjadi topik pemberitaan di media online. Hampir
seluruh media, baik media cetak dan media online pemberitakan kasus
pembunuhan Brigadir J termasuk media online kompas.com dan waspadaco.id.
Penelitian ini memilih kompas.com dan waspada.co.id karena reputasi kredibilitas
dan integritas jurnalistiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing
atau penyajian berita mengenai kasus pembunuhan Brigadir J di dua media online,
yaitu Kompas.com dan Waspada.com. Melalui analisis framing, dapat terlihat
bagaimana media memilih dan mengolah informasi untuk membentuk persepsi
publik terhadap peristiwa yang sama. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis framing dengan pendekatan model Zhongdang
Pan dan Gerald M. Kosicki. Model analisis tersebut memiliki empat struktur,
yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberitaan kasus pembunuhan
Brigadir J, terdapat perbedaan framing antara Kompas.com dan Waspada.com.
Perbedaan tersebut sangat signifikan jika dilihat dari beberapa aspek, seperti fokus
berita dan pemilihan sumber, penggunaan bahasa dan tone berita, serta implikasi
terhadap persepsi publik. Perbedaan yang menonjol terlihat bahwa Kompas.com
lebih cenderung menggunakan framing yang bersifat objektif dan mengutamakan
aspek hukum, sementara Waspada.com cenderung mengangkat framing yang
emosional dan menekankan aspek tragedi atau kejahatan.