Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang ada di MTs Darul Huda Marelan. Fokus
dalam penelitian ini yaitu: membahas mengenai metode yang digunakan oleh guru
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Huda Marelan, apakah metode
pembelajaran yang digunakan sudah tepat ketika proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dalam mencari keabsahan data peneliti melakukan
triangulasi sumber, pengamatan dan triangulasi metode serta peneliti juga
memperpanjang kehadiran. Subjek yang digunakan adalah Kepala Madrasah Darul
Huda Marelan, wakil Kepala Madrasah, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, dan siswa
kelas IX. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di sekolah MTs Darul
Huda Marelan dengan salah satu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI) diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran yaitu metode ceramah, Tanya jawab, dan diskusi. Sehingga dalam
metode pembelajaran yang seperti itu masih terkesan monoton serta membosankan
bagi peserta didik. Adapun solusi yang diberikan oleh guru Sejarah Kebudayaan
Islam yaitu biasanya guru sejarah kebudayaan sebelum memulai pembelajaran di
kelas sudah terlebih dahulu mempersiapkan materi ataupun bahan yang akan
dipelajari dengan cara memfotocopy atau mengeprint bahan yang akan dipelajari.