Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan, harga dan citra merek Terhadap kepuasan pelanggan transportasi
online Grab pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, baik itu secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis linear
berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang
signifikan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab pada
mahasiswa FEB UMSU. Ada pengaruh yang signifikan harga terhadap Kepuasan
pelanggan Grab pada mahasiswa FEB UMSU. Ada pengaruh yang signifikan
citra merek terhadap Kepuasan pelanggan Grab pada mahasiswa FEB UMSU.
Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, harga dan citra merek
terhadap Kepuasan pelanggan Grab pada mahasiswa FEB UMSU. Hasil
perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi ( R square) yang
diperoleh sebesar 0,361, hasil ini memiliki arti bahwa 36,1% variabel Kepuasan
Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra
merek sedangkan sisanya sebesar 63,9% diterangkan oleh variabel lain yang tidak
diteliti.