Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Servant Leadership Dan
Kompetensi Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Jasamarga Tollroad
Operator Area Belmera. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan penelitian asosiatif dan pendekatan kuantitatif. Data
kuantitatif adalah adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Tujuan
penelitian kuantitaif adalah mengembangkan dan menggunakan model matematis,
teori-teori yang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi. dengan jumlah sampel
responden sebanyak 66 orang karyawan Area Belmera.
Hasil penelitian inimenunjukkanVariabel Servant Leadership (X1) Diketahui
memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 5,630 > t tabel = 1,998.
Sehingga dapat dinyatakan bahwa Servant Leadership berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Variabel Kompetensi Spiritual (X2)
Diketahui memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 10,853 > t tabel =
1,998. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Kompetensi Spiritual berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dan penelitian ini menunjukkan nilai F
hitung sebesar 911,323 > F tabel sebesar 3,993 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa Servant Leadership dan Kompetensi Spiritual
berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan.