Abstract:
Penelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor
internal dan faktor eksternal CV. Cahaya gaharu dan untuk mengetahui strategi
pengembangan usaha CV. Cahaya Gaharu. Adapun jenis penelitian menggunakan
Analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Treats) dan QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix). Penentuan lokasi pada penelitian ini
adalah purposive di CV. Cahaya Gaharu. Penarikan jumlah sampel yakni
sebanyak 10 responden pemilik, pengurus, dan konsumen CV. Cahaya Gaharu.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di CV. Cahaya Gaharu
menunjukkan bahwa lingkungan internal terdiri dari kekuatan (strength) dan
kelemahan (weakness) dan lingkungan eksternal terdiri dari peluang (opportunity)
dan ancaman (treats). Lingkungan internal kekuatan (strength) utama adalah
lokasi usaha yang strategis, SDA dan SDM mendukung, keadaan modal
mencukupi, bermitra dengan petani, dan harga jual produk terjangkau dan
ekonomis dengan nilai sebesar 0,40. Kelemahan (weakness) utama yakni izin
BPOM belum keluar dengan nilai sebesar 0,20. Pada lingkungan eksternal
peluang (opportunity) utama adalah dukungan pemerintah dan pihak lain serta
berkembangnya pasar modern dengan nilai sebesar 0,56. Dan ancaman (treats)
yakni adanya pesaing dengan nilai sebesar 0.18.
Berdasarkan perhitungan matriks QSPM, urutan prioritas strategi pada
CV. Cahaya Gaharu adalah strategi S-O yakni nilai TAS sebesar 7,56 dengan
strategi memanfaatkan dan memperluas akses media sosial secara aktif seiring
dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya produk herbal.