Research Repository

PENGARUH BOOKLET BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 105387 SEI KARANG

Show simple item record

dc.contributor.author TRISYA, ANANDA SIREGAR
dc.date.accessioned 2023-09-18T04:21:42Z
dc.date.available 2023-09-18T04:21:42Z
dc.date.issued 2023-05-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21351
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan bahan ajar konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui pengaruhpenanaman profil pelajar pancasila sebelum menggunakan booklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. (2) Mengetahui pengaruhpenanaman profil pelajar pancasila setelah menggunakanbooklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. (3) Mengetahui pengaruh penanaman profil pelajar pancasila menggunakan booklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. Model pembelajaran yang digunakan yaitu problem based learning yang melalui 4 tahapan yaitu : (1) Orientasi peserta didik kepada masalah (2) mengorganisasikan peserta didik (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta memamerkannya (5) mengalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini menghasilkan (1) hasil pre-test diketahui dari 30 siswa kelas IV terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 13% dan sisanya 26 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 87%, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 25, serta nilai rata-rata sebesar 53 sehingga berkategori rendah. (2) hasil post-test diketahui dari 30 siswa kelas IV memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 100% dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85, serta nilai rata rata siswa adalah 95. Sehingga berketegori meningkat (3) hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan peneliti pada uji t perhitungannya menunjukkan pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 diperoleh nilai Thitungnegatif yaitu -12,853 yang artinya rata rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar setelah adanya perlakuan sehingga bernilai positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara Booklet berbasis model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Penanaman Profil Pelajar Pancasila kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang”. en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Booklet en_US
dc.title PENGARUH BOOKLET BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 105387 SEI KARANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account