Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru
masih menggunakan bahan ajar konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
(1) Mengetahui pengaruhpenanaman profil pelajar pancasila sebelum
menggunakan booklet berbasis model pembelajaran problem based learning
kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang. (2) Mengetahui pengaruhpenanaman
profil pelajar pancasila setelah menggunakanbooklet berbasis model
pembelajaran problem based learning kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang.
(3) Mengetahui pengaruh penanaman profil pelajar pancasila menggunakan
booklet berbasis model pembelajaran problem based learning kelas IV SD
Negeri 105387 Sei Karang. Model pembelajaran yang digunakan yaitu problem
based learning yang melalui 4 tahapan yaitu : (1) Orientasi peserta didik kepada
masalah (2) mengorganisasikan peserta didik (3) membimbing penyelidikan
individu dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta
memamerkannya (5) mengalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Penelitian ini menghasilkan (1) hasil pre-test diketahui dari 30 siswa kelas IV
terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) dengan persentase 13% dan sisanya 26 siswa memperoleh nilai di bawah
KKM dengan persentase 87%, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 25,
serta nilai rata-rata sebesar 53 sehingga berkategori rendah. (2) hasil post-test
diketahui dari 30 siswa kelas IV memperoleh nilai di atas KKM dengan
persentase 100% dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85, serta nilai rata rata siswa adalah 95. Sehingga berketegori meningkat (3) hasil uji hipotesis yang
sudah dilakukan peneliti pada uji t perhitungannya menunjukkan pada taraf
signifikan 𝛼 = 0,05 diperoleh nilai Thitungnegatif yaitu -12,853 yang artinya rata rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata hasil
belajar setelah adanya perlakuan sehingga bernilai positif. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara Booklet berbasis
model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Penanaman Profil
Pelajar Pancasila kelas IV SD Negeri 105387 Sei Karang”.