Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui word of mouth
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, mengetahui brand image tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui kepuasan konsumen
terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui word of mouth berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui brand image berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, dan untuk mengetahui word of mouth dan brand
image berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen
pada mie gacoan di Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang melakukan pembelian mie gacoan di Medan Marelan, dimana
jumlah sampel penelitian sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SEM-PLS yang dilakukan dengan uji
analisis model struktural dan mediation effect. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan hasil dari word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, hasil dari kepuasan konsumen berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil dari brand image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil dari word of mouth
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hasil dari brand
image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.