Abstract:
Manajemen komunikasi merupakan bagaimana orang orang mengola proses
komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam setting atau konteks
komunikasi.manajemen komunikasi menggunakan berbagai sumber daya komunikasi
secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan dan sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Komunikasi adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia.
Segala proses yang di lakukan manusia memerlukan komunikasi agar bisa
berinterkasi antar sesama untuk membangun kontak sosial. Komunikasi merupakan
proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu,
mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik secara lisan ataupun tidak langsung.
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan
mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien
dengan menggunakan sumber daya organisasi. Komunikasi memegang peranan
sentral dalam media komunikasi dimana pesan yang di sampaikan oleh komunikator
harus dapat dipahami dengan baik oleh komunikan melalui media komunikasi baik
media elektronik maupun non elektronik.Komunikasi pada prinsipnya merupakan
aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Secara sederhana komunikasi dipahami sebagai
kegiatan penyampaian pesan dan penerimaan pesan dari komunikator kepada
komunikan melalui media.Dengan begitu penelitian ini mencari tahu bagaimana cara
manajemen komunikasi dalam mempertahankan usaha di kota medan. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Hasil dari
penelitian ini Penerapan manajemen komunikasi yang berlangsung di Café TST Abe
sendiri sudah berjalan cukup meyakinkan dan terbilang sukses dalam meningkatkan
mempertahankan usaha di Kota Medan dengan berjalannya perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan sumber daya manusia. Maka dari itu
dapat disimpulkan manajemen komunikasi yang mempengaruhi keberlangsungan
Café TST Abe dalam mempertahankan usaha di Kota Medan serta mempengaruhi
perilaku perilaku orang orang yang berada di dalam usaha tersebut.