dc.contributor.author | FEBRI, ADELIA | |
dc.date.accessioned | 2023-09-15T07:52:35Z | |
dc.date.available | 2023-09-15T07:52:35Z | |
dc.date.issued | 2023-05-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21340 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan menyimak siswa dalam membuat alat peraga pada saat pembelajaran diterapkan dan kurangnya penggunaan alat peraga yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan alat peraga wayang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 105421 Mangga Dua yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 105421 Mangga Dua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan menyimak siswa. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan alat peraga wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t (independent sampel T-Test) yang sebelumnya dilakukan juga pengujian normalitas dan homogenitas. Maka hasil penelitian ini mendapatkan nilai Sig.2-tailed sebesar 0,000 dimana < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat peraga wayang kertas terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 105421 Mangga Dua. | en_US |
dc.subject | Alat Peraga Wayang Kertas | en_US |
dc.subject | Keterampilan Menyimak | en_US |
dc.title | PENGARUH ALAT PERAGA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKPADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN 105421 MANGGA DUA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |