Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan menyimak
siswa dalam membuat alat peraga pada saat pembelajaran diterapkan dan
kurangnya penggunaan alat peraga yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan
alat peraga wayang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian
kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 105421 Mangga
Dua yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan September – Oktober tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 105421
Mangga Dua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi
keterampilan menyimak siswa. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa
penggunaan alat peraga wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan
menyimak siswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t (independent
sampel T-Test) yang sebelumnya dilakukan juga pengujian normalitas dan
homogenitas. Maka hasil penelitian ini mendapatkan nilai Sig.2-tailed sebesar
0,000 dimana < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat
peraga wayang kertas terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri
105421 Mangga Dua.