Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam
materi tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) sub tema 2 ( Perubahan Lingkungan)
pembelajaran I dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan II siklus subyek
penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Deli Serdang. Metode pengumpulan data
penelitian meliputi: Tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
Metode Role Playing dalam sub tema 2 (Perubahan Lingkungan) telah berhasil
meningkatkan kreativitas belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan Metode Role Playing
mempengaruhi tingkat kreativitas belajar siswa, ini terbukti dengan kemampuan
siswa dalam memahami materi siklus air mengalami peningkatan yaitu menjadi
83,63% dari yang semula hasil pre-test hanya sebesar 48,5% dimana siswa yang
dinyatakan tuntas berjumlah 7 orang, selanjutnya pada hasil siklus I mengalamin
peningkatan hanya sebesar 63,63%, dengan nilai rata-rata 68,54%, dimana siswa
yang mengalamin ketuntasan hanya sebesar 14 orang. Pada siklus 2 dilakukan
kembali penerapan metode role playing dan menunjukkan kemampuan siswa
memahami materi siklus air meningkat dengan nilai rata-rata 83,63% dan
persentase 95,45% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 21 siswa dan 1
orang tidak tuntas.