Research Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL HUMAS HIJRAH LAUNDRY COIN DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DI MEDAN JOHOR

Show simple item record

dc.contributor.author MHD RIFQI, AULIA
dc.date.accessioned 2023-09-15T04:06:24Z
dc.date.available 2023-09-15T04:06:24Z
dc.date.issued 2023-05-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21327
dc.description.abstract Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memacu munculnya banyak usaha, baik di bidang jasa maupun manufaktur. Industri jasa laundry saat ini merupakan salah satu peluang bisnis yang tumbuh kuat sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Persaingan dalam bisnis laundry coin dikenal dengan kondisi yang ketat, yang meliputi persaingan harga, kualitas, keunggulan dan pengembangan pengetahuan baru, sehingga diperlukan kinerja pemasaran dan komunikasi yang tepat untuk membantu pelaku usaha jasa laundry coin memenangkan persaingan dan meningkatkan omset penjualannya. Hijrah Laundry Coin merupakan salah satu dari banyaknya usaha laundry coin di Medan Johor. Mulai beroperasi Februari 2020, berlokasi di Jalan Karya Wisata Ujung No. 23, Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Sumatera Utara ini mampu menghadapi ketatnya persaingan antar pelaku usaha laundry coin. Dalam satu hari Hijrah Laundry Coin dapat melayani 35-50 konsumen pengguna jasa cuci kering pakaian. Dilihat dari eksistensinya yang masih belia. Hijrah Laundry Coin sudah berhasil mendapatkan loyalitas pelanggannya. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi interpersonal apa yang dilakukan humas dalam hal ini pemilik dan juga karyawan Hijrah Laundry Coin hingga berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan sehingga terjalin loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan observasi. Wawancara, dan dokumentasi. Ditengah persaingan yang ketat dalam menjaga loyalitas pelanggannya di Medan Johor, informan Anis memilih untuk membangun hubungan pertemanan dengan pelanggannya. Hubungan pertemanan tersebut dapat menciptakan hubungan internal maupun emosional yang dapat mempersuasi pelanggan untuk terus loyal terhadap Hijrah Laundry Coin. en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Humas en_US
dc.subject Customer Relations en_US
dc.subject Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title KOMUNIKASI INTERPERSONAL HUMAS HIJRAH LAUNDRY COIN DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DI MEDAN JOHOR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account