Abstract:
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memacu munculnya
banyak usaha, baik di bidang jasa maupun manufaktur. Industri jasa laundry saat ini
merupakan salah satu peluang bisnis yang tumbuh kuat sejalan dengan pertumbuhan
penduduk yang semakin meningkat. Persaingan dalam bisnis laundry coin dikenal
dengan kondisi yang ketat, yang meliputi persaingan harga, kualitas, keunggulan dan
pengembangan pengetahuan baru, sehingga diperlukan kinerja pemasaran dan
komunikasi yang tepat untuk membantu pelaku usaha jasa laundry coin memenangkan
persaingan dan meningkatkan omset penjualannya. Hijrah Laundry Coin merupakan salah
satu dari banyaknya usaha laundry coin di Medan Johor. Mulai beroperasi Februari 2020,
berlokasi di Jalan Karya Wisata Ujung No. 23, Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor,
Sumatera Utara ini mampu menghadapi ketatnya persaingan antar pelaku usaha laundry
coin. Dalam satu hari Hijrah Laundry Coin dapat melayani 35-50 konsumen pengguna
jasa cuci kering pakaian. Dilihat dari eksistensinya yang masih belia. Hijrah Laundry
Coin sudah berhasil mendapatkan loyalitas pelanggannya. Oleh karena itu dalam
penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi interpersonal apa yang
dilakukan humas dalam hal ini pemilik dan juga karyawan Hijrah Laundry Coin hingga
berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan sehingga terjalin loyalitas pelanggan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan observasi. Wawancara, dan
dokumentasi. Ditengah persaingan yang ketat dalam menjaga loyalitas pelanggannya di
Medan Johor, informan Anis memilih untuk membangun hubungan pertemanan dengan
pelanggannya. Hubungan pertemanan tersebut dapat menciptakan hubungan internal
maupun emosional yang dapat mempersuasi pelanggan untuk terus loyal terhadap Hijrah
Laundry Coin.