Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media ajar berbasis diorama pada mata
pelajaran IPA di kelas III SD YPI Nur Fadhilah. .Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui langkah-langkah pengembangan media diorama dalam pembelajaran
IPA materi cuaca Kelas III SD YPI Nur Fadhilah, untuk mengkaji kevalidan media
diorama dalam pembelajaran IPA materi cuaca Kelas III SD YPI Nur
Fadhilah,unntuk mengkaji kepraktisan media diorama dalam pembelajaran IPA
materi cuaca Kelas III SD YPI Nur Fadhilah. Penelitian ini menggunakan model
ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil
pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli
materi 96% “sangat valid”, ahli desain media 92% “sangat valid”, dan ahli Bahasa
88,5% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru
mendapatkan 95% dalam kategori “sangat praktis”. Pada uji coba yang dilakukan
pada kelas III SD YPI Nur Fadhilah dengan jumlah siswa 37 orang. Dari seluruh
respon siswa mendapatkan 92% dengan kategori “ sangat praktis”.