Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fiqih
thaharah terhadap kemampuan bersuci siswa MTs PAB 1 Helvetia. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas VII MTS PAB 1 Helvetia yang terdiri dari empat kelas yaitu
kelas VII A, B, C, dan D. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian
ini adalah teknik non probability sampling jenis purposive sampling sehingga didapatkan
sampel yang berjumlah 92 oran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan
nilai pada siswa yang menjadi kelas control penelitian setelah dilakukan demonstrasi pada
pembelajaran fiqih thaharah terhadap kemampuan bersuci, terdapat korelasi antara rata rata hasil kemampuan bersuci siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test
eksperimen (metode Demontrasi), perbedaan rata-rata hasil kemampuan bersuci siswa
untuk pre-test kelas kontrol dengan post-test kontrol dan penelitian ini menerima hpotesis
bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih thaharah terhadap
kemampuan bersuci siswa kelas VII Di MTs PAB 1 Helvetia.