Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan
belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan teknik pembelajaran yang
diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran yang berdampak pada rendahnya
minat belajar siswa terkhususnya pada pembelajaran matematika. Rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu berdasarkan latar belakang masalah tersebut,
adapun perumusan masalah dari penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh minat
belajar matematika dengan menerapkan Ice Breaking pada siswa kelas IV SDN
055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar matematika dengan
menerapkan teknik Ice Breaking pada siswa kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai
Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV A dan IV B SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat yang berjumlah
51 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes minat belajar yang
berjumlah 10 soal berbentuk pilihan berganda yang diuji validitas dan realibilitas.
Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas ekpserimen (teknik ice breaking)
diperoleh hasil 78,40, sedangkan di kelas kontrol (metode konvensional)
diperoleh 67,69 pembelajaran menggunakan teknik Ice Breaking Terhadap Minat
Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten
Langkat. Dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking Terhadap Miat Belajar
Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat.