Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA. Rendahnya hasil Pembelajaran IPA disebabkan oleh beberapa
faktor seperti pembelajaran konvensional dan siswa yang kurang aktif sehingga
dapat dirumuskan dalam penelitian ini bagaimana Pengaruh Model Kooperatif
Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran IPA SD
Negeri 10 Terangun Kabupaten Gayo-Lues. Dengan tujuan meningkatkan hasil
pembelajaran sehingga nilai siswa akan meningkat dan siswa menjadi lebih aktif.
Penelitain ini menggunakan metode kuantitatif data yang dikumpulkan dengan
teknik pemberian soal pretest dan posttest sehingga hasil penelitian menunjukan
adanya pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pelajaran IPA SD negeri 10 Terangun.
Hal ini dapat dilihat dari data hasil uji hipotesis dengan tekhnik uji t dengan taraf
signifikan 0,05 lebih besar dari sig. 0,000 sehingga model pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw memiliki pengaruh terhadap meningkatkan hasil belajar
siswa.