Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan
ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai
variabel intervening pada konsumen Shopee di Kota Medan, baik itu secara
langsung maupun tidak langsung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis
asosiatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen
Shopee di Kota Medan. Teknik pengempulan data menggunakan daftar
pernyataan seperti wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis
statistik yakni partial least square–structural equestion model (PLSSEM) yang
bertujuan untuk melakukan analisis jalur (path analysis) dengan variabel laten.
Adapun hasil penelitian menunjukkan Harga tidak berpengaruh terhadap
Keputusan pembelian pada konsumen Shopee di Kota Medan. Ulasan Konsumen
tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Shopee di Kota
Medan. Minat Beli berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen
Shopee di Kota Medan. Harga berpengaruh terhadap Minat Beli pada konsumen
Shopee di Kota Medan. Ulasan Konsumen berpengaruh terhadap Minat Beli pada
pada konsumen Shopee di Kota Medan. Harga berpengaruh terhadap Keputusan
Pembelian dimediasi minat beli pada konsumen Shopee di Kota Medan. Ulasan
Konsumen berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian yang dmediasi Minat Beli
pada konsumen Shopee di Kota Medan.