Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis tegak bersambung
sebelum menggunakan media poster dan kemampuan menulis tegak bersambung
setelah menggunakan media poster kelas III SD Muhammadiyah 11 tahun ajaran
2022/2023. Hasil peenelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun
praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu
Perfomence dan lembar kerja siswa digunakan untuk memperoleh data yang
berkaitan dengan kemampuan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan
media poster terhadap kemampuan menulis tegak bersambung. Berdasarkan hasil
lembar kerja yang dilakukan sebelum menggunakan media poster diperoleh nilai rata
– rata kemampuan menulis tegak bersambung pada kelas Kontrol adalah 63.09 dan
kelas Eksperimen adalah 80.41. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai
signifikan (2-tailed) ˂ 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-tailed) yaitu
0.000 ˂ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan
ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan
media poster terhadap kemampuan menulis tegak bersambung kelas III SD
Muhammadiyah 11 Tahun Pembelajaran 2022/2023.