Research Repository

PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author LAILA, FITRIANA
dc.date.accessioned 2023-08-12T04:53:14Z
dc.date.available 2023-08-12T04:53:14Z
dc.date.issued 2023-07-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21229
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan Tp. 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa melalui pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammdiyah 01 Medan. Siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan, siklus I kemampuan menulis siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (45%) dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (85%). Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil kemampuan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu 9 siswa (45%). en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Siswa en_US
dc.subject Pendekatan Pembelajaran Whole Language en_US
dc.title PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account