dc.contributor.author |
LAILA, FITRIANA |
|
dc.date.accessioned |
2023-08-12T04:53:14Z |
|
dc.date.available |
2023-08-12T04:53:14Z |
|
dc.date.issued |
2023-07-18 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21229 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui
pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD Muhammadiyah 01
Medan Tp. 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan
kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa
melalui pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD
Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan 4 tahap yaitu
perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar
observasi aktivitas siswa dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD
Muhammdiyah 01 Medan. Siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan, siklus I
kemampuan menulis siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (45%) dan pada siklus II
siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (85%). Pada siklus I dan siklus II terjadi
peningkatan hasil kemampuan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia
yaitu 9 siswa (45%). |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Menulis Siswa |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Pembelajaran Whole Language |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |