Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui
pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD Muhammadiyah 01
Medan Tp. 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan
kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa
melalui pendekatan pembelajaran whole language siswa kelas V SD
Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan 4 tahap yaitu
perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar
observasi aktivitas siswa dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD
Muhammdiyah 01 Medan. Siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan, siklus I
kemampuan menulis siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (45%) dan pada siklus II
siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (85%). Pada siklus I dan siklus II terjadi
peningkatan hasil kemampuan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia
yaitu 9 siswa (45%).