Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
Index Card Match terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 12
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
kelompok one group pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 orang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata
siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih tinggi
dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran
Index Card Match yaitu 90,63 banding 49,15. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa
sebelum menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match adalah 60. Nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran Index
Card Match adalah 94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil
perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf
signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat
dikatakan diterima dan ditolak.