Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Musda
Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini
sumber data diperoleh dari kepala sekolah, komite sekolah, bendahara, kepala tata
usaha, dan guru. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengelolaan Dana bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan
SMK Musda Perbaungan menerapkan prinsip manajemen berbasis sekolah, dimulai
dari perencanaan anggaran mengacu pada raport mutu sekolah. Penggunaan anggaran
Dana bantuan operasional sekolah berdasarkan skala prioritas dari pemetaan
kebutuhan yang telah disampaikan guru dan warga sekolah yang dialokasikan sesuai
dengan standar nasional pendidikan. Pengawasan dalam penggunaan anggaran
dilakukan oleh pihak internal sekolah dan juga pihak eksternal sekolah. Laporan
pertanggungjawaban dibuat sesuai dengan format yang terdapat dalam petunjuk teknis
yang berlaku, Adanya peningkatan terhadap mutu pendidikan SMK Musda
Perbaungan disebabkan pengelolaan Dana anggaran yang dimanfaatkan secara efektif
dan efisien.