Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk, Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Karir
Terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XII SMA Harapan Mekar Sampel dalam
penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas XII IPA dan IPS. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yakni menemukan pembuktian atau pengujian secara ilmiah
dengan berlandaskan pada teori-teori serta hipotesis. Sedangkan sifatnya adalah
dampak dari penelitian tersebut, yaitu mencari pengaruh antara variabel yang satu
dengan variab
el yang lain. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model
skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrument Kematangan Karir Siswa sebesar 0,827.
Data penelitian dianalisis menggunakan rumus Wilcoxon Signed rank Test.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan analisis hasis eksperimen
yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan
besarnya hasil uji hipotesis melalui analisis wilcoxon diperoleh 𝑟hitung = 0,827 dan
𝑟tabel = 0,3494 sehingga diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,827 > 0,3494) dengan
koefisien korelasi 0,3494 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif
signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh layanan Informasi
berbasis karir terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMA Harapa Mekar Tahun
Ajaran 2021/2022.