Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan,
pengolahan dan pengevaluasian prestasi siswa melalui proses belajar mengajar
daring era pandemi covid 19 . Jenis penelitian adalah kualitatif dan di laksanakan
di SMA N 1 BANDAR dari bulan November 2020 sampai dengan Juni 2021
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala sekolah dalam Proses Belajar
Daring Era pandemi mengawasi secara langsung oleh guru yang melaksanakan
proses pembelajaran di era pandemi dimana guru sangat antusias terlihat selain
itu kepala sekolah memberikan kebebasan bagi guru untuk mengapresiasikan
kreatifitas dalam mengajar. Seperti halnya Kunjungan dan menyediakan
fasilitas. Kegiatan ini adalah salah satu dasar kepala sekolah melaksanakan
aktivitas ditengah pandemi covid – 19. Adanya jadwal yang mengatur kegiatan
proses pembelajaran akan mencegah penularan covid – 19. Kepala Sekolah
Dalam Meningkatkan Motivasi siswa adanya kegiatan yang terkoordinir dengan
baik. Kerjasama yang dibentuk dengan melakukan kunjungan rumah oleh guru
membuat siswa dan guru masih dapat berkomunikasi dan pembelajaran secara
langsung. Tatap muka yang di batasi oleh guru setiap harinya tidak menurunkan
semangat siswa dalam belajar. Kreativitas yang di timbulkan dari situasi saat ini
adalah bentuk penyesuaian untuk berkembang dengan baik. Kepala Sekolah
Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa memberikan penilaian khusus yakni
dibedakan menjadi dua penelitian dari objek langsung dan tidak langsung
penilaian yang objek terhadap siswa dibutuhkan penilaian secara langsung.
Selain itu pengevaluasian dilakukan oleh guru juga dari ketepatan siswa dalam
memberikan jawaban dan komunikasi yang baik. Sementara tidak langsung
adalah dari kecepatan pengumpulan tugas yang dilakukan oleh siswa dan cara
siswa menjawab soal yang di berikan lewat media yang digunakan