Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalis pengaruh desain
fasilitas halte dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan Bus Trans Metro Deli secara langsung maupun secara tidak langsung.
Peineilitian ini menggunakan jeinis peineilitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh pelanggan Bus Trans Metro Deli. dan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan teknik kuota sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi
dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menggunkana uji
analisis outer model, analisis inner model, dan uji hipotesis. Pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung desain fasilitas halte dan
persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Bus Trans
Metro Deli, secara langsung desain fasilitas halte, persepsi harga desain fasilitas
halte dan persepsi harga kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan Bus Trans Metro Deli, secara langsung persepsi harga tidak
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Bus Trans Metro Deli, secara tidak
langsung desain fasilitas halte dan persepsi harga berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan Bus Trans Metro Deli.