Abstract:
Self Confidence atau kepercayaan diri merupakan sikap atau keyakinan atas
kemampuan diri sendiri, kepercayaan diri terbentuk melalui proses belajar, orang
yang percaya diri adalah orang yang puas dengan apa yang ada pada dirinya, orang
yang tidak percaya diri memiliki konsep diri yang negatif dan kutrang percaya pada
kemampuannya sehingga sering menutup diri, oleh karena itu kepercayaan diri pada
individu menjadi hal yang sagat penting untuk dibangun. Dalam penelitian ini
layanan bimbingan kelompok sebagai proses pemberian bantuan kepada sejumlah
individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan segala
potensi yang dimiliki dan mendapatkan infromasi baru. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk melihat se efektif apakah bimbingan kelompok dalam pengembangan
self confidence siswa kelas VIII-A SMPN 6 Pematangsiantar T.A 2021/2022. Objek
dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 6 Pematangsiantar yang
berjumlah 8 orang yang memiliki keprcayaan diri yang rendah. Adapun desai
penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Untuk memperoleh data dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data
yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan keismpulan. Peneliti menyimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII-A SMPN6
Pematangsiantar T.A 2021/2022.