Abstract:
Program mandiri ketuk pintu merupakan solusi terbaru dari Samsat Medan Utara
untuk masyarakat yang menunggak pajak kendaraan, program mandiri ketuk pintu
ini memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat agar tetap memenuhi
kepatuhan dalam membayar PKB. Strategi komunikasi memiliki peranan penting
dalam menjalakan program mandiri ketuk pintu secara efektif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang
dilakukan Samsat Medan Utara dalam menjalankan program mandiri ketup pintu.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. yang bertujuan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dan
manusia dengan menciptakan paparan menyeluruh dan kompleks yang disajikan
menggunakan kata-kata, melaporkan pandangan dengan terperinci yang diperoleh
dari suatu sumber informasi, guna untuk mempelajari sebuah objek yang bersifat
alamiah. Peneliti berperan sebagai instrument kunci, pengambilan sampel, sumber
data yang dilaksanakan dengan purposive dan snowball, teknik pengumpulan data
dengan trianggulasi (gabungan), analisi data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil
dari penelitian kualitatif lebih intens terhadap makna dari penelitian yaitu tentang
pola komunikasi Kantor Samsat Medan Utara terhadap Wajib Pajak Kenderaan
Bermotor di kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pajak
melalui program ketuk pintu oleh Samsat Medan Utara bagi masyarakat
penunggak pajak kenderaan bermotor di kota Medan secara nyata efektif mampu
meningkatkan pendapatan daerah, dan memotivasi kepatuhan dan kesadaran wajib
pajak akan membayar pajak kenderaan bermotor di kota Medan.