Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar komputer akuntansi
siswa kelas XI melalui Penerapan Model Drill and Practice. Adapun objek yang
peneliti ambil dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Metode pengambilan subjek
yang digunakan adalah ekstrasi total, jadi subjek penelitian yang digunakan adalah
kelas XI akuntansi SMK Al – Washliyah Pasar Senen 1 Medan dengan jumlah
siswa 20 orang dan tes yang berfungsi sebagai alat penelitian yang terdiri dari 10
item atau butir soal pretest dan postest yang sudah teruji validitas dan reabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan model Drill and Practice dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada Siklus II. Pada Siklus
I hasil belajar siswa tertinggi di peroleh 85 atau 13 dari 20 orang siswa dengan nilai
rata – rata sebesar 71,00 sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar
yang sangat baik yaitu hasil belajar siswa tertinggi diperoleh sebesar 90 atau 18
orang siswa dari 20 orang siswa dengan nilai rata – rata 80,75.