Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang
mempengaruhi perilaku konsumen dan bagaimana proses pengambilan keputusan
konsumen dalam pembelian anggur hitam impor di Supermarket Maju Bersama
Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus
(Case study), yang dimana penelitian dilaksanakan dengan melihat langsung ke
lapangan yaitu di Supermarket Maju Bersama Medan. Penentuan sampel
dilakukan dengan metode accidental sampling, dengan jumlah responden 30
orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan
hasil dari analisis masalah pertama yaitu menggunakan analisis faktor dapat
diketahui bahwa yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah
faktor psikologis dengan nilai extraction 0,908, faktor psikologis meliputi sudah
merasakan kenikmatannya dan kebiasaan mengkonsumsi buah. Berdasarkan hasil
dari analisis masalah kedua yaitu diketahui bahwa keputusan pembelian para
konsumen dilandasi berbagai hal, salah satunya membandingkan terlebih dahulu
anggur hitam dengan anggur jenis lainnya, hal tersebut dapat dilihat dari data
variabel yang dimana variabel tersebut memiliki skor terbanyak yaitu 11
responden. Dengan hasil total perhitungan sebesar 66,53% dapat disimpulkan
bahwa keputusan pembelian konsumen kuat dengan pengaruh 5 variabel diatas.