Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk
dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik emina di marketplace shopee
dengan online customer review sebagai variabel moderasi baik secara langsung
maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019. Dalam penelitian ini teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yaitu sampel
diambil secara acak menggunakan rumus slovin yang berjumlah 86 responden.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa secara langsung kualitas produk dan harga berpengaruh
terhadap keputusan pembelian kosmetik Emina di Marketplace Shopee dan secara
tidak langsung online customer review tidak memoderasi pengaruh kualitas produk
dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Emina di Marketplace Shopee.