Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KOMIK SI ITO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI SUMATERA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author Peny, Eriska
dc.date.accessioned 2023-07-26T07:42:27Z
dc.date.available 2023-07-26T07:42:27Z
dc.date.issued 2023-05-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21103
dc.description.abstract Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan devisa negara dan memajukan perekonomian masyarakat sekitarnya. Sumatera Utara menjadi salah satu provinisi di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata untuk dikenal hingga ke dunia, namun kunjungan wisatan mancanegara di Sumatera Utara masih rendah. Salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara adalah menerapkan strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang tepat. Komik Si Ito merupakan komik yang terbit di Sumatera Utara dan isinya memberikan informasi melalui cerita keindahan pariwisata, komik ini juga menjadi oleh-oleh dari Sumatera Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata melalui komik Si Ito dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yakni, metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian dengan pendekatan data-data berupa teks ataupun gambar-gambar, tapi bukan data berupa angka. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan yakni mengobservasi obyek yang diteliti yaitu komik Si Ito dengan dokumen-dokumen pendukung, wawancara kepada wisatawan mancanegara dan studi literature. Hasil penelitian menujukkan terdapat 4 strategi komunikasi pemasaran pariwisata melalui komik Si Ito dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Utara yaitu menggunakan merchandise sebagai bauran pemasaran, menggunakan push strategy, menggunakan komunikasi kedwibahasaan dan menggunakan komunikasi pemasaran bergaya soft selling. en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Komik en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KOMIK SI ITO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI SUMATERA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account