Abstract:
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan devisa negara dan
memajukan perekonomian masyarakat sekitarnya. Sumatera Utara menjadi salah satu
provinisi di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata untuk dikenal hingga ke dunia,
namun kunjungan wisatan mancanegara di Sumatera Utara masih rendah. Salah satu upaya
meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara adalah menerapkan strategi komunikasi
pemasaran pariwisata yang tepat. Komik Si Ito merupakan komik yang terbit di Sumatera
Utara dan isinya memberikan informasi melalui cerita keindahan pariwisata, komik ini juga
menjadi oleh-oleh dari Sumatera Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk adalah
mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata melalui komik Si Ito dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Utara. Metode penelitian
yang digunakan yakni, metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian dengan
pendekatan data-data berupa teks ataupun gambar-gambar, tapi bukan data berupa angka.
Teknik pengumpulan data melalui pengamatan yakni mengobservasi obyek yang diteliti
yaitu komik Si Ito dengan dokumen-dokumen pendukung, wawancara kepada wisatawan
mancanegara dan studi literature. Hasil penelitian menujukkan terdapat 4 strategi
komunikasi pemasaran pariwisata melalui komik Si Ito dalam meningkatkan kunjungan
wisatawan mancanegara di Sumatera Utara yaitu menggunakan merchandise sebagai
bauran pemasaran, menggunakan push strategy, menggunakan komunikasi kedwibahasaan
dan menggunakan komunikasi pemasaran bergaya soft selling.