Abstract:
Penelitian ini membahas pola komunikasi antarpribadi guru Raudhatul Athfal
Dalaailul Khairat dalam membangun rasa percaya diri peserta didik. Rasa percaya
diri adalah kepercayaan pada kemampuan dan nilai diri sendiri. Percaya diri adalah
kualitas yang penting dalam menghadapi tantangan, mengambil keputusan, dan
berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pola komunikasi antarpribadi guru Raudhatul Athfal Dalaailul Khairat
dalam membangun rasa percaya diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif.
Subyek penelitian ini adalah guru yang mengajar di Raudhatul Athfal Dalaailul
Khairat. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan
pengamatan terhadap informan. Sumber data dikumpulkan dengan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan
metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola
komunikasi antarpribadi guru Raudhatul Athfal Dalaailul Khairat menjadi salah
satu faktor penting dalam membangun rasa percaya diri peserta didik, yang dimana
rasa percaya diri ini dapat berpengaruh pada perkembangan potensi akademik
maupun non-akademik anak. Pesan komunikasi yang diberikan oleh guru kepada
peserta didiknya dikemas dalam bentuk motivasi, inspirasi, dukungan serta empati.