Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan minat belajar dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan metode story telling di kelas 3B di SDN 05 Sisumut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3B SDN 05 Sisumut yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan September – Oktober 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktifitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan metode story telling dapat meninngkatkan minat belajar siswa kelas 3B SDN 05 Sisumut. Hasil rata – rata persentase minat belajar siswa pada pra-siklus ialah 46,2% (sangat kurang). Pada siklus I, sebanyak 7 orang siswa (35%) memenuhi ketuntasan dengan rata – rata persentase menjadi 67% (cukup baik). Pada siklus II sebanyak 20 orang siswa (100%) memenuhi ketuntasan minat belajar dengan rata – rata persentase hasil observasi menjadi 86% (sangat baik).