Research Repository

PENERAPAN MODEL CONCEPT SONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 066659 TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author UMAIROH, ZARBAINA
dc.date.accessioned 2023-07-26T04:43:33Z
dc.date.available 2023-07-26T04:43:33Z
dc.date.issued 2023-07-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21093
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa kelas IV SDN 066659 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran concept song. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 066659 yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas dan data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran concept song yang dilaksanakan dengan bernyanyi, yang syairnya di rubah ke materi yang akan di sajikan,siswa dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas IV SDN 066659. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan siswa dan hasil tes evaluasi. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa dari 32% menjadi 40%. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa dari 40% menjadi 72%. Sedangkan nilai rata-rata tes evaluasi meningkat dari 41 menjadi 80. Nilai rata-rata tes evaluasi siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan 80% dari siswa telah memperoleh nilai > 70. en_US
dc.subject model pembelajaran en_US
dc.title PENERAPAN MODEL CONCEPT SONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 066659 TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account