Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa
kelas IV SDN 066659 dalam pembelajaran matematika melalui model
pembelajaran concept song. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
( PTK ). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 066659 yang berjumlah
25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah menghitung nilai rata-rata kelas dan data deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran concept song yang dilaksanakan dengan
bernyanyi, yang syairnya di rubah ke materi yang akan di sajikan,siswa dapat
meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas IV SDN 066659. Hal tersebut
terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan siswa dan hasil tes evaluasi.
Pada siklus I nilai ketuntasan siswa dari 32% menjadi 40%. Pada siklus II nilai
ketuntasan siswa dari 40% menjadi 72%. Sedangkan nilai rata-rata tes evaluasi
meningkat dari 41 menjadi 80. Nilai rata-rata tes evaluasi siswa telah memenuhi
kriteria keberhasilan 80% dari siswa telah memperoleh nilai > 70.