Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kepemimpinan, budaya sekolah dan pemberdayaan terhadap
motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Sibolga. Adapun populasinya
sebanyak 487 guru SDN Kota Sibolga berstatus PNS .Sampel penelitian ini
sebanyak 83 orang guru status pegawai negeri sipil. Instrumen penelitian berupa
angket yang disebar kepada para responden penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan secara simultan persamaan regresi berganda sebagai Y = 15.757 +
0,156 X1 + 0,113 X2 + 0,636 X3. Persamaan garis regresi yang positif ini
mengindikasikan bahwa semakin baik kepemimpinan (X1), budaya sekolah (X2)
dan pemberdayaan (X3) akan meningkatkan motivasi kerja (Y) maka Ha diterima
dan H0 ditolak. Diperoleh nilai R square sebesar 0,403. Hal ini berarti bahwa
variable kepemimpinan (X1), budaya sekolah (X2) dan pemberdayaan (X3)
berpengaruh terhadap motivasi guru (Y) secara bersama-sama sebesar40,3 %, dan
sisanya sebesar59,7 % ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti.