Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah, Profesional Guru, Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di
Kecamatan Sibolga Utara dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah,
Profesional Guru dan Budaya Kerja secara Bersama-sama terhadap Kinerja Guru
SD Negeri di Kecamatan Sibolga Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh guru PNS yang telah sertifikasi pada SDN di Kecamatan Sibolga Utara
yang berjumlah 55 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hubungan variabel kepemimpinan
kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) dalam persamaan regersi Y =
50,002+ 0,497 X1. Artinya bahwa jika iklim sekolah meningkat sebesar 1 poin
maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,497 poin pada konstanta 50,002.
Nilai R square sebesar 0,333, artinya ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah
berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 33,3% (b) Bentuk hubungan variabel
profesional guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi
Y = 65,455 + 0,529 X2. Artinya jika Profesional Guru meningkat sebesar 1 poin
maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,529 poin pada konstanta 65,455.
Nilai R square sebesar 0,426, hal ini berarti bahwa ada pengaruh variabel
profesional guru (X2) terhadap kinerja guru sebesar 42,6% (c) Bentuk hubungan
variabel budaya kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan
regersi Y = 65,455 + 0,306 X3. Artinya jika Budaya kerja meningkat 1 poin maka
kinerja guru akan meningkat sebesar 0,306 poin pada konstanta 65,455. Maka Ha
diterima dan Ho ditolak. Nilai R square sebesar 0,175. Artinya ada pengaruh
budaya kerja (X3) terhadap Kinerja Guru sebesar 17,5% (d) Karena Fhitung > Ftabel
atau 16,633> 2,790. Nilai R square sebesar 0,934, artinya ada pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah, profesional guru dan budaya kerja secara bersama sama terhadap Kinerja Guru sebesar 93,4% Ha diterima dan Ho ditolak.