Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah, pofesional guru, motivasi kerja terhadap kreativitas guru SD Negeri Se Kecamatan Sibolga Selatan dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah,
profesional guru dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kreativitas guru
SD Negeri Se-Kecamatan Sibolga Selatan. Sampel penelitian ini adalah seluruh
guru PNS yang sertifikasi SDN Se-Kecamatan Sibolga Selatan berjumlah 91
orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan
uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi
linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (a) Hubungan variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1)
terhadap kreativitas guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 55,438 + 0,315
X1. Artinya jika kepemimpinan kepala sekolah meningkat sebesar 1 poin maka
kreativitas guru akan meningkat sebesar 0,315 poin pada konstanta 55,438. Nilai
R square sebesar 0,191, artinya ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kreativitas guru sebesar 19,1% (b) Hubungan variabel profesional guru
(X2) terhadap kreativitas guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 48,211 +
0,431 X2. Artinya jika struktur organisasi meningkat sebesar 1 poin maka
kreativitas guru akan meningkat sebesar 0,431 poin pada konstanta 48,211. Nilai
R square sebesar 0,289. ada pengaruh profesional guru (X2) terhadap kreativitas
guru sebesar 28,9 %, (c) Motivasi Kerja (X3) terhadap kreativitas guru (Y) dalam
bentuk persamaan regersi Y = 45,549 + 0,431 X3. Artinya jika struktur organisasi
meningkat sebesar 1 poin maka kreativitas guru akan meningkat sebesar 0,431
poin pada konstanta 45,549. Nilai R square sebesar 0,502. Artinya ada pengaruh
Motivasi Kerja (X3) terhadap kreativitas guru sebesar 50,2%, (d) Karena Fhitung >
Ftabel atau 46,411 > 2,710 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan output
komputer dapat dijelaskan bahwa diperoleh nilai R square sebesar 0,982. Hal ini
berarti bahwa variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Profesional Guru
(X2) dan Motivasi Kerja (X3) berpengaruh terhadap Kreativitas Guru (Y) secara
bersama-sama sebesar yaitu 19,1% + 28,9% + 50,2% = 98,2%, dan sisanya
sebesar 0,8% ditentukan oleh sebab lain yang tidak diteliti.